ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS VA DI MI AL HIDAYAH BALEENDAH

Hendi Herdiansyah, Evia Nuravianti Nuravianti

Abstract


Pemecahan masalah lebih penting diajarkan daripada hanya memberikan masalah-masalah rutin yang hanya membuat kaitan antara kognitif dengan suatu prosedur penyelesaian yang pasti. Etnomatematika menggambarkan semua hal yang membentuk identitas budaya suatu kelompok, yaitu bahasa, kode nilai-nilai, jargon, keyakinan, makanan, dan pakaian, kebiasaan dan sifat-sifat fisik. Pecahan merupakan salah satu kajian inti dari materi matematika yang dipelajari siswa di Sekolah Dasar (SD). Pembahasan materinya menitikberatkan pada pengerjaan (operasi) hitung dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, baik untuk pecahan biasa, campuran dan desimal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada tes tulis awal sebelum menggunakan pemecahan masalah dan strategi etnomatematika hasil subjek jumlahnya 1495 dengan rata-rata 130. Setelah menggunakan pemecahan masalah dan strategi etnomatematika, terdapat peningkatan dalam melaksanakan rencana penyelesaian pada saat tes akhir hasil subjek jumlahnya 1940 dengan rata-rata 168,7. Hal ini dikarenakan subjek sudah terbiasa dengan soal pemecahan masalah yang diberikan disetiap pertemuan. Dari hasil pre-test dan post- test terlihat peningkatan yang cukup tinggi antara 10-30. Jumlah rata-rata peningkatan 37,83. Dalam menerapkan pemecahan masalah dapat efektif dari pembiasaan.


Full Text:

PDF

References


D’Ambrosio. 2006. Preface. Prosiding, International Congress of Mathematics Education Copenhagen, Pisa:

Elisabet, dkk, Keefektifan Model Quantum Learning Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan

Dasar P-ISSN 2086-7433.

Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Marsigit, dkk. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika

.Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika. Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.M Jakarta: Rineka Cipta.

Q. Zhang, & Zhang W., 2010. Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education Vol. 3, No. 1, pp.151-157, juni.

Somakim dkk. 2021. Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Guru Matematika Di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 17, No. 1,

(Juni,) 1-12.

Suhartono. 2018. Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Matematika dan Pembelajaran”, Volume 6, No. 2, Desember.

Suryaningsih Tri. 2019. Analisis Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick Pada Materi Geometri Kelas 5 SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 02 (1), (April (9-13))


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya is Indexed By: